APDESI Desak Bupati Karawang Segera Lantik 177 Kades Terpilih


Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia Kabupaten Karawang (APDESI) mendesak agar Bupati Karawang segera Lantik Kepala Desa Terpilih sebanyak 177 Kades.

"Mereka menilai desakan ini sangat penting sebab berdampak pada jalannya roda penerintahan desa."ucap Sukarya WK Ketua Apdesi, pada Nasionalita Kamis (08/04/2021).

Lanjut WK, menyatakan percepatan pelantikan 177 Kades terpilih semata-mata karena ingin segera melaksanakan program kegiatan dalam waktu dekat, salah satu contoh sebentar lagi menfhadapi bulan suci ramadhan dan indul fitri tentubya para aparatus desa membutukan biaya untuk keperluan tersebut.,"ungkapnya.

Lebih dari itu juga menurut WK terjadi kevakuman kekuasaan gegara apbila tidak segera adanya pelantikan kadrs terpilih, walau pun memang betul ada Pjs namun kewenangannya terbatas.

“Sehingga semua itu berimbas pada sejumlah kebijakan pemerintah daerah yang terhambat. Salah satunya terkait anggaran,” kata Dadang yang juga Kades Rahayu Kecamatan Margaasih kepada wartawan, Senin (22/3/21).

Para kades pun mendorong untuk segera dilakukan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Bandung 2021-2026, pasca putusan MK dan penetapan KPU Kabupaten Bandung.

“Utamanya menyangkut anggaran dan hal kebijakan/mekanisme yang mutlak harus mendapatkan persetujuan dari Kepala Desa definitif,” tandas WK.

Sementara Wakil Bupati saat dihubungi via telepon oleh Kepala Desa Wanasari terpilih , Sukarya WK bahwa beliau (wakil bupati) akan segera menindaklanjuti serta berkoordinasi dengan Bupati untuk selanjutnya membahas dengan dinas terkait agar pelantikan kades terpilih sesegera mungkin. Namun semua itu tetap keputusan ada di Bupati," jelasnya. (Teguh)