Pemotongan TPP ASN Karawang Dilaporkan Ke Kejaksaan


Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) melaporkan adanya pemotongan 5% tambahan penghasilan pegawai (TPP) ASN Pemkab Karawang ke Kejaksaan Negeri Karawang, Rabu (7/4/2021).

Sekretaris Disperindag Karawang, Rakhmat Gunadi melaporkan pemotongan 5% TPP oleh Bank Jabar Banten (BJB).

“Tadi saya melengkapi dokumen-dokumen laporan untuk menjadi bahan pertimbangan kejaksaan,” tutur Rakhmat Gunadi, usai melakukan pelaporan pemotongan 5% TPP di kantor Kejaksaan Negeri.

Rakhmat Gunadi mengatakan, dirinya secara pribadi melaporkan BJB yang telah melakukan pemotongan 5% TPP tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Karena setelah dicek di rekening, ada sekitar Rp. 800 ribuan TPP-nya yang hilang dipotong BJB yang kabarnya digunakan untuk donasi korban banjir.

“Kan baru isu di luar seperti itu, katanya untuk donasi banjir. Tapi bagi saya hari ini silahkan diklarifikasi saja ke kejaksaan,” katanya lagi.

Ditambahkannya, hari ini BJB harus bisa memberikan penjelasan secara clear, kenapa melakukan pemotongan TPP tanpa sepengetahuan ASN. Rakhmat Gunadi menegaskan, BJB harus bisa bertanggungjawab atas pemotongan 5% TPP tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada ASN.

“Pokoknya BJB telah melakukan pemotongan tanpa sepengetahuan saya,” pungkasnya. (Teguh)