Operasi Ketupat Lodaya 2021 Fokus Penyekatan Larangan Mudik


Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Ketupat Lodaya 2021 Polres Karawang yang dipimpin langsung oleh Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra. Bertempat di aula husni hamid, Selasa (04/05/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopinda Kabupaten Karawang, Ketua MUI Kab. Karawang KH. Thajudin Nur, PJU Polres Karawang, para Kapoksek Jajaran Polres Karawang, para Danramil Kodim 0604 Karawang, para Camat dan Kepala Instansi terkait Kab. Karawang, Pengelola Kawasan Industri, pihak Jasa Marga, pengelola Rest Area Tol Jakarta Cikampek dan undangan lainnya. 

Dalam Sambutannya Kapolres Karawang menyampaikan bahwa Pelaksanaan Ops Ketupat tahun 2021 Polres Karawang akan melakukan teknis pengamanan penyekatan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19."Sehingga dalam pelaksanaan Ops Ketupat difokuskan untuk melarang mudik dengan cara penyekatan di sebelas titik perbatasan Kab. Karawang,"terang Kapolres.

"Dengan dilaksanakan Ops ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan contoh Negara yang terdampak Covid-19 yang tinggi seperti Negara India,"tegas Kapolres.

Sementara Dandim 0604 Karawang meminta dilaksanakan Ops ini dengan proaktif, dilakukan dengan sinergi dari semua pihak dan kerjasama antar semua instansi, tingkat Kecamatan dan Desa.  "Dengan adanya kejadian kerumunan di pusat perbelanjaan kita jangan lengah dan harus proaktif melakukan pencegahan dan penindakan dan Ops Ketupat harus dilakukan dengan kerjasama dari semua pihak dan perlu diperhatikan untuk kerumunan ditempat wisata pada hari libur panjang,"ujar Dandim.

Hal yang sama disampaikan juga Oleh Bupati Karawang yang menyampaikan dimana tahun ini merupakan tahun kedua melakukan pengamanan Ops Ketupat dimasa Pandemic Covid-19, dan kami Pemda Karawang akan meniadakan sholat id di Masjid besar di wilayah Kota dan masyarakat bisa melakukan sholat id di masjid yang terdekat di kediaman rumah masyarakat sekitar. Keberhasilan PPKM dan Ops Ketupat adalah hasil kerjasama dari kita semua namun masyarakat harus tetap aman dan nyaman karena diwilayah Kab. Karawang sudah di zona orange sementara Untuk zona Industri harus diperketat karena Penyebaran terbesar di Kab. Karawang adalah dari Industri

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan sambutan dari Ketua MUI Karawang bahwa untuk pelaksanaan sholat id kami meminta pada setiap pelaksanaan sholat dilakukan PPKM agar masyarakat yang melakukan sholat bisa memenuhi protokol kesehatan dan semoga Pelaksanaan Kegiatan pengamanan Idul Fitri."kali ini bisa berjalan aman dan lancar serta pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan intansi terkait menjadi amal bagi kita semua,"terangnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Kabag Ops dan Kasat Lantas Polres Karawang terkait pelaksanaan penyekatan dalam rangka Ops Ketupat Lodaya 2021 Polres Karawang  diantaranya Titik Ploting Personil dan rantis dalam rangka rencana penyekatan, Titik Penyekatan dijalur Utama, Titik Penyekatan dijalur Alternatif, Pola Penyekatan jalur utama dan alternatif, Kuat Personil dititik Penyekatan dan jam dinas. Kesiapan Sarpras dan sarana pendukung dan Pemasangan baliho larangan mudik. (Teguh)