DPRD Minta PT. Pindo Delli Bertanggungjawab Atas Kerugian Warga Akibat Kebocoran Gas


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang meminta pihak perusahaan bertanggungjawab atas 102 warga desa Kutamekar Kecamatan Ciampel akibat  keracunan bocornya pipa gas coustic soda PT. Pindo Delli 2 bocor.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Karawang Komisi III Fraksi PDI Perjuangan, Taufik Ismail.

"mewanti-wanti agar kasus serupa tidak terulang" ujarnya.

Lanjut pria yang akrab disapa Pipik  ini mengatakan masalah kebocoran gas coustic soda PT. Pindo Delli 2 terulang lagi."Jadi saya tegaskan untuk perusahaan harus bertanghungjawab dengan memperbaiki kesalahannya, harus dibuatkan sistem pencegahan yang lebih mumpuni dan terhadap warga sekitar juga penanganannya harus jelas sehingga tidak terulang lagi kasus tersebut." tegasnya.

Lebih lanjut, ia meminta kasus kebocoran yang terulang lagi untuk di usut sampai tuntas, bila memang ada kelalaian maka harus ditindak secara hukum dan aturan yang berlaku.

Sementara salah seorang perwakilan warga Toto Suripto dari hasil mediasi, warga meminta pihak perusahaan merealisasikan tuntutannya.

"Ada lima tuntutan warga pada PT. Pindo Delli 2 diantaranya Pipa harus diganti dengan sistem otomatis bila terjadi kebocoran langsung mati, Memperkerjakan warga setempat, Penyediaan Air Bersih, CSR untuk infrastruktur, sarana ibadah, Kompensasi 3 jt per warga terdampak,"katanya. (Teguh)