Warga Tandatangani Petisi Tolak Penggusuran Normalisasi Kalikalapa


Warga yang terdampak normalisasi sungai Kalikalapa membuat petisi tolak penggusuran. Dari target 200 tandatangan warga petisi saat ini sudah mencapai 179 tandatangan.

Saat ini sedang terjadi penggusuran Teater Lumbung dan Rumah-rumah Warga Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang akibat adanya proyek Normalisasi sungai Kalikalapa. 

Penggagas petisi warga tolak digusur, Gino mengungkapkan Teater Lumbung yang selama ini menjadi pusat kegiatan kebudayaan warga karawang serta rumah rumah warga dibantaran Sungai Kalikalapa telah menjadi korban penggusuran sepihak yang dilakukan oleh Pemerintah Kab. Karawang dan Dinas terkait.

"Bahwa penggusuran tersebut tidak dilakukan dengan cara cara yang manusiawi tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya dan kompensasi kepada warga yang terdampak penggusuran."katanya, Minggu (6/6)

Sementara itu Ketua Forum Masyarakat Embung Digusur, Haji Solihin mengatakan bahwa pihaknya mendukung kebijakan Normalisasi namun pelaksaannya harus mendasarkan pada kemanusiaan yang adil dan beradab. 

"Artinya pelaksanaan normaliasi harus juga memperhatikan warga yang terdampak bukan dilakukan secara semena-mena, hukum diciptakan untuk memanusiakan manusia oleh karena itu demi tegaknya hukum dan keadilan serta untuk memberikan perlindungan hukum terhadap warga yang terdampak kami menolak penggusuran dengan alasan normalisasi masih banyak cara lain untuk melakukan normalisasi tanpa perlu dilakukan penggusuran."ucapnya. (Teguh)