Warga Terdampak Normalisasi Sungai Kalikalapa Mengadu Ke DPRD Karawang


Puluhan Warga tergabung dalam Forum Masyarakat Embung Dibongkar Desa Wadas Telukjambe Timur dan Teater Lumbung yang terdampak normalisasi sungai kalikalapa lakukan aksi demo ke Disparbud, DPUPR dan DPRD Karawang untuk menuntut aspirasinya, Rabu (02/06/2021) siang.

Kuasa hukum warga LBH Aria Mandalika. Hendra Supriatna menerangkan, masyarakat terdampak penggusuran/pembongkaran yang dilakukan Perum Jasa Tirta (PJT) dalam normalisasi Kalikalapa seperti pengerukan dan pelebaran bibir sungai.

"Ya kami melakukan demonstrasi ke Disparbud, DPUPR, dan betakhir di DPRD sekaligus audensi" ucapnya.

Setelah demonstrasi masyarakat atau warga langsung melakukan audiensi dengan Komisi III DPRD Karawang yang diterima langsung oleh Ketua Komisi III Endang Sodikan dan Anggotanya H. Abas. Pada intinya masyarakat tidak menolak normalisasi sungai Kalikalapa asalkan tidak ada penggusuran atau pembongkaran paksa.

Warga tetap dengan tuntutannya, bahwa penggusuran atau pembongkaran paksa ini termasuk pelanggaran HAM berat, karena sudah jelas suratnya sudah masuk, kami tetap menolak dengan keras dan klien kami akan memperjuangkannya sampai dengam titik darah penghabisan." ungkap Hendra.

"Kami juga menyampaikan kepada Komisi III DPRD Karawang agar adanya jaminan klien kami tidak digusur, dan alhamdulillah Komisi III mengatakan sampai hari Selasa dipastikan tidak adanya penggusuran," tegasnya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Karawang Endang Sodikin mengatakan, dirinya akan memanggil pihak-pihak bersangkutan untuk membahas permasalahan penggusuran rumah warga di bantaran Kalikalapa pada selasa minggu depan (08/06/2021) antara lain Konsorsium, DPUPR, Disparbud, PJT II, Kecamatan TelukjambecTimur dan Kepala Desa Wadas Telukjambe Timur.

Lebih lanjut  Endang juga menambahkan jika masyarakat tidak keberatan dengan adanya normalisasi Kalikalapa karena manfaatnya sudah dirasakan.

"Ketika hujan masyarakat tidak lagi mengalami kebanjiran, tetapi masyarakat keberatan dengan adanya penggusuran rumah warga," kata dia.

Endang bersama komisi III DPRD Karawang mengaku siap mengawal masyarakat terdampak penggusuran akibat normalisasi sungai Kalikalapa dan secara lembaga DPRD Karawang akan mendukung aspirasi warga terdampak sampai tuntas". tutupnya.  (Teguh)