Kejari Karawang Lakukan Penyuluhan Hukum di Desa Se-Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru


Kejaksaan Negeri Karawang Lakukan  Penyuluhan Hukum tentang sosialisasi peraturan pelaksanaan bansos di Desa, pada hari Selasa,  (07/09/2021). 

Acara tersebut digelar di Kecamatan Pangkalan yang di hadiri oleh Camat Pangkalan, 8 Kepala Desa, 8 Sekretaris Desa, dan 8 Ketua Badan Permusyawaratan Desa yang ada wilayah Kec. Pangkalan. Serta Kecamatan  Tegalwaru, yang di hadiri juga oleh Camat Tegalwaru, 9 Kepala Desa, 9 Sekretaris Desa, dan 9 Ketua Badan Permusyawaratan Desa yang ada wilayah Kec.Tegalwaru.

Adapun kegiatan penyuluhan hukum tentang bansos desa tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kajari Karawang yang rencananya akan dilaksanakan terhadap seluruh desa-desa yang ada di Kab. Karawang dalam rangka memberikan edukasi dan upaya preventif/pencegahan terhadap adanya penyalahgunaan bansos yang ada di desa-desa. 

Ada 4 point penekanan Ibu Kajari Karawang dalam pemaparan penyuluhan hukum tersebut yaitu :

1. Paradigma penegakan hukum saat itu tidaklah semata-mata penegakan yang berorientasi pada kepastian hukum, namun lebih kepada penegakan yang berorientasi pada aspek kemanfaatan.

2. Kebutuhan realitas pemerataan bantuan sosial di desa-desa tetap harus dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada.

3. Diperlukannya penetapan status badan usaha Koperasi untuk BUMDES yang ada di desa2 sehingga dalam pengelolaannya dapat dilakukan secara akuntabel dan baik.

4. Adanya peran penting Kejaksaan dalam pendampingan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara. (Teguh)