Polres Karawang Bersama Komunitas Gelar Festival Mural Goyang Karawang 2021


Polres Karawang bersama Komunitas Muralis Kabupaten Karawang, menggelar “Festival Mural Goyang Karawang 2021” tingkat Nasional di Stadion Singaperbangsa Karawang, Minggu 26 September 2021.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono menyampaikan, Festival Mural Goyang Karawang 2021 masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke-388. Tujuannya yakni memberikan wadah atau ruang bagi para seniman muralis untuk berekspresi.

“Saya ini penggemar seni, makanya sangat mendukung kegiatan teman-teman muralis. Mereka butuh tempat untuk berekspresi. Saya yakin Pemkab Karawang akan menyediakan ruang bagi para muralis,” kata Aldi.

Aldi Subartono menuturkan, minat peserta luar biasa. Selain dari Karawang sebagai tuan tumah, peserta datang dari berbagai daerah seperti Malang, Yogyakarta, Semarang, Magelang, DKI Jakarta, Purwakarta dan Banten. Hal itu tentunya membuktikan bahwa muralis memang membutuhkan ruang untuk berekspresi dan menghasilkan karya ke arah yang lebih positif. 

"Kita bertujuan untuk memberikan ruang kepada para pelaku mural guna unjuk karyanya ke arah yang lebih Positif dengan tema Goyang Karawang 2021 ini,” ungkapnya.

Dalam Festival Mural Goyang Karawang 2021 yang diikuti sebanyak 24 peserta, Mural terbaik jatuh kepada Muralis asal Purwakarta yakni sdri Sintia dari komunitas CEA Mural dengan tema “Pesan Orang Tua untuk Kita”. Komunitas CEA Mural menggambar seorang wanita tua menggunakan masker dengan ekspresi yang seolah memberikan pesan kepada kita semua agar kita senantiasa menggunakan masker dalam masa pandemi Covid-19 tersebut.

"Ini untuk pertakalinya saya menyampaikan melalui mural pesan ibu akan pentingnya protokol kesehatan. Pesannya, kita jangan abaikan protokol kesehatan,  selalu pakai masker. Sebelumnya belum gambar tentang Covid-19,"katanya, Minggu (26/09/2021) malam.

Berikut daftar juara festival Mural 2021:
- Juara Favorit : Rumah Seni 28 (Jakarta)
- Juara Harapan 3 : Hawhaw Management (Karawang)
- Juara Harapan 2 : Aan (Yogyakarta)
- Juara Harapan 1 : Ade (Banten)
- Juara 3 : Subkhi (Magelang)
- Juara 2 : Iswahyudi (Kota Malang)
- Juara 1 : Sintia CEA Mural (Purwakarta). (Teguh)