Kalangan Profesi Bentuk Nasional HR Institute


Setiap pria dan wanita yang sukses adalah pemimpi-pemimpi besar. Mereka berimajinasi tentang masa depan mereka. Berbuat sebaik mungkin dalam setiap hal dan bekerja setiap hari menuju visi jauh ke depan yang menjadi tujuan mereka. Itulah sepenggal kutipan Brian Tracy – seorang penulis buku yang pakar di bidang pengembangan potensi manusia dan pembicara motivasi – telah membantu jutaan orang di dunia meraih tujuan hidup.

Kata-kata motivasi itu menjadi inspirasi bagi para praktisi di komunitas Human Resources (HR) untuk lebih bersemangat mengembangkan diri. HRD, GA, Legal, dan Hubungan Industrial merupakan komponen yang penting dari bisnis apa pun, terlepas dari besarnya perusahaan.

Atas dasar itu, sejumlah kalangan profesi yang terdiri dari praktisi HRD, advokat, serta pengusaha media di Karawang membentuk organisasi yang diberi nama Nasional HR Institute.

Salah satu Owner PT Fasade Artha Technologi, Ir. Sarifudin Bahfzallah yang merupakan salah satu penggagas berdirinya komunitas tersebut berkeyakinan dapat menjadikan HR lebih profesional dan bermanfaat bagi perusahaan.

Sarifudin mengatakan, manfaat yang diharapkan dari adanya organisasi ini adalah kemudahan untuk mengakses informasi-informasi HR yang up to date, membantu anggota dalam menghadapi problematika HRD, GA, Legal, dan Hubungan Industrial yang terjadi di perusahaan melalui diskusi dan learning forum yang dilaksanakan secara reguler.

“Bisa juga saling tukar informasi tentang aktivitas yang dilakukan dalam pelaksanaan tugas HR di tempat kerja masing-masing, mampu mengakomodir kebutuhan peningkatan kompetensi SDM dan memberikan informasi serta pembelajaran mengenai hal yang dibutuhkan serta kemajuan SDM termasuk tools yang mendukung kinerja,” ungkapnya kepada sejumlah awak media di kantor LPK Optima Kompeten Indonesia, Karawang, Sabtu (8/1/2022).

Nasional HR Institute ingin menyatukan setiap praktisi HR dalam bertindak dan melangkah untuk menciptakan iklim usaha dan hubungan kerja yang harmonis antara pengusaha dan pekerja.

Hal senada juga disampaikan Amir Hamzah, SH, MH, pengacara internasional yang merupakan salah satu pendiri Nasional HR Institute.

Komunitas ini, jelas Amir, ingin sharing pengetahuan yang diperoleh dalam seminar, workshop atau training, sehingga mampu membentuk lebih dari sekadar net-working yaitu suatu aliansi yang sinergis serta berkarakter total quality personal.

“Jadi visi Nasional HR Institute adalah menjadi organisasi HR yang terkemuka dan terpercaya di Indonesia dengan selalu mengedepankan kepentingan anggota sebagai mitra strategis,” tegas Amir.

Ia menambahkan, misi Nasional HR Institute juga meningkatkan profesionalisme dan melayani kebutuhan anggota di bidang pengembangan SDM, memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi dan etos kerja, menjadi jembatan institusi pendidikan dengan dunia usaha.

Amir yang pernah diminta beberapa perusahaan menjadi pembicara dalam tema Certified Behaviour Analyst (CBA) ini mengatakan, tema yang diusung itu sebagai langkah menciptakan HRD yang memiliki wawasan, baik sekarang maupun untuk masa yang akan datang.

“Semoga Nasional HR Institute di waktu mendatang dapat berwujud menjadi institusi pendidikan dan pelatihan untuk masyarakat yang bercita-cita menjadi praktisi HR, GA, dan Legal Expert yang profesional serta dapat dipraktikan baik dalam dunia usaha maupun dunia profesi,” tuturnya. (Rls/red)