Komisi II DPRD Karawang Kunjungan Kerja Ke PT KAI


Komisi II DPRD Kabupaten Karawang melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (KAI), pada Kamis (24/3/2022) lalu.

Diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Karawang, Natala Sumedha. Bahwa Kunker tersebut ingin memastikan agar PT KAI bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dalam berbagai wujud kontribusi, mulai dari PBB, BPHTB dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Termasuk kerjasama dalam penataan beberapa wilayah yang bersinggungan dengan tanah atau asset PT KAI, yang digunakan oleh masyarakat sebagai tempat usaha,” ujarnya.

Natala menambahkan, pihaknya telah memastikan jika asset PT KAI yang digunakan masyarakat tersebut, diakui PT KAI resmi dalam bentuk Perjanjian Kerjasama (PKS).

“Karena ada beberapa tanah PT KAI, seperti di daerah Telagasari dan Rengasdengklok yang saat ini sedang kita tata menjadi pasar. Kemudian pertokoan Jalan Niaga, itu juga kita pertanyakan,” jelasnya.

Masih Natala menambahkan, perihal PBB dan BPHTB yang masuk ke Pemkab Karawang. Tentunya ini menjadi tanggungjawab masing-masing penyewa atau peminjam tanah PT KAI, menurut penjelasan pihak PT KAI.

“Kita akan pastikan lagi ke Bapenda, masuk gak PBB dan BPHTB ketika tanah tersebut dibangun pertokoan dan lain sebagainya,” tandasnya. (Yan)