Akses Kawasan Industri Picu Kemacetan


Kemacetan seringkali dijumpai di akses menuju Gerbang Tol Karawang Barat. Hampir setiap hari, tepatnya pada pagi dan sore hari, kemacetan selalu terjadi di akses gerbang tol itu. 

Padatnya arus lalu lintas yang keluar-masuk menuju kawasan industri KIIC disebut-sebut menjadi pemicu kemacetan yang rutin di akses Gerbang Tol Karawang Barat. 

Kondisi itu terjadi karena beberapa ratus meter menjelang akses Gerbang Tol Karawang Barat terdapat gerbang kawasan industri KIIC. Itu adalah satu-satunya gerbang kawasan industri KIIC. 

Selain itu, gerbang kawasan industri tersebut juga menjadi jalan tembus ke kawasan industri lainnya seperti kawasan industri KIIC, Kawasan Arta Graha serta ke beberapa kawasan pemakaman elit. 

Kondisi tersebut menjadi perhatian Sekjen MPC Pemuda Pancasila Karawang Khoerudin. 

Ia mendorong agar pihak terkait, khususnya Pemkab Karawang bersikap atas kondisi kemacetan yang rutin terjadi di jalan Interchange Karawang Barat hingga gerbang tol akibat tingginya arus lalu lintas menuju dan dari kawasan industri. 

"Harus ada penanganan secara terintegrasi berbagai pihak terkait kemacetan itu," kata dia. 

Khoerudin yang juga anggota DPRD Karawang menyayangkan keberadaan sejumlah kawasan industri hanya ada satu gerbang kawasan. Sehingga terjadi kemacetan rutin di titik gerbang kawasan yang kebetulan berdekatan dengan gerbang tol. 

"Bagaimana tidak terjadi kemacetan, setiap hari ribuan kendaraan keluar masuk kawasan secara bersamaan, pada pagi dan sore hari," kata dia. 

Disampaikan kalau Pemkab Karawang harus segera bersikap, karena jika tidak kemacetan akan semakin parah. Karena selain mengganggu akses ke gerbang tol, kemacetan itu mengganggu aktivitas masyarakat dari dan menuju wilayah Karawang selatan. (Yan)